Jumat, 10 Agustus 2012

Ramadhan Di Bulan Kemerdekaan

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

Alhamdulillah hari ini Jum'at 10 Agustus 2012 / 22 Ramadhan 1433 H masih diberikan nikmat sehat sehingga masih bisa melaksanakan puasa wajib bulan Ramadhan. Berarti sudah 22 hari kita sudah berpuasa sampai dengan Adzan Maghrib nanti. Ada yang membuat berbeda Ramadhan tahun ini dengan tahun sebelumnya karena Ramadhan tahun ini bertepatan dengan bulan Agustus, dimana pada bulan ini bangsa kita akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan atau hari lahirnya bangsa Indonesia, tepatnya nanti tanggal 17 Agustus 2012 bangsa Indonesia memasuki umur yang ke - 67. Tidak terbayang oleh kita bagaimana 67 tahun yang lalu para pendahulu dan para pahlawan berjuang merebut kemerdekaan dari tangan-tangan penjajah. Saya membayangkan jika kita ada pada masa itu, dalam keadaan berpuasa kita dihadapkan pada peperangan merebut kemerdekaan, tentu hanya jiwa jiwa pahlawan dan jiwa jiwa mujahidlah yang tentu dapat bertahan pada suasana tersebut.


Dibandingkan dengan pada masa sekarang dimana kita sudah merdeka dari penjajahan, perjuangan kita mungkin hanya sebatas menahan rasa lapar dan dahaga juga menahan hawa nafsu yang dapat membawa kita pada dosa.
Tapi mungkin ada juga dari sebagian saudara kita yang saat ini berjuang melawan kemiskinan dan kecukupan. Terlepas dari miskin atau kaya, puasa dibulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap diri umat muslim yang beriman sebagaimana disebutkan dalam Al Qur'an surat Al -Baqarah:183 yang artinya sbb :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah  diwajibkan pada orang-orang sebelum kamu. Mudah-mudahan kamu bertakwa”. Semoga dibulan Ramadhan ini yang bertepatan dengan bulan Agustus 2012 bangsa kita bangsa Indonesia terus diberkahi Alloh SWT sehingga menjadi bangsa yang berwibawa dimata dunia dan negara kita tetap menjadi negara yang Tata Tentrem Loh Jinawi seperti cita-cita para pejuang pendahulu kita, sekali lagi Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bulan Ramadhan 1433 H bagi umat yang menjalankannya dan tak lupa pula kita sambut hari ulang tahun kemerdekaan RI dengan suka cita.
DIRGAHAYU HUT KEMERDEKAAN RI
KE - 67

Tidak ada komentar:

Posting Komentar